<<..:: MARHABAN AHLAN WASAHLAN SUGENG RAWUH SELAMAT DATANG WELCOME ::..>>

Wednesday 28 July 2010

komp_dan_masyarakat

KOMPUTER DAN MASYARAKAT

l .KOMPUTER

Definisi :

Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

l Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :

1. Perbankan

2. Perdagangan

3. Industri

4. Transportasi

5. Rumah Sakit

6. Pendidikan

7. Seni

8. Penelitian

9. Rekreasi

10.Hankam

11.Komunikasi

l Bidang Perbankan

v Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)

v Penyimpanan data

v Pemrosesan transaksi secara on-line

v Pembayaran tagihan secara on-line

l Bidang Perdagangan

v Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.

v Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).

v Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain

v Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

l Bidang Industri

v CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas

v CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll

v Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

l Bidang Kedokteran

v Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.

v CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak.

v Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus.

v Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS

v Mengelolaan persediaan obat-obatan.

l Bidang Pendidikan

v CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.

v CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.

v Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

l Bidang Seni

v SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano.

v Untuk proses penciptaan lagu.

v Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

l Bidang Penelitian Science

v Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.

v Penelitian ruang angkasa

v Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.

l Bidang Rekreasi

v Sumber alat rekreasi seperti games on-line.

v Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

l Bidang Hankam

v Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.

v Untuk simulasi perang atau terbang

l Bidang Komunikasi

v Telekomunikasi yaitu teleconference.

v E-mail, voice mail dll

v Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

l Isyu Sosial

Dampak Positif

  1. Komunikasi yang lebih baik.
  2. Transportasi data yang cepat & aman.
  3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
  4. Efisiensi tenaga kerja

Dampak Negatif

  1. Manusia tergantung dengan komputer.
  2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
  3. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.

PEKERJAAN DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Agenda

n Definisi Profesi dan Profesional

Mengerti job-job yang ada dibidang TI

Mengerti bidang tugas dan uraian pekerjaannya.

Mengerti kerangka besar spesialisasi pekerjaan

n Profesi dan Profesional

n Profesi adalah

suatu lapangan kerja yg memerlukan pendidikan khusus, yang berakhir dengan suatu gelar dari lembaga pendidikan tinggi, serta mengakui adanya kewajiban terhadap masyarakat dan memiliki kode etik yang mengikat setiap orang yang menyandang suatu profesi tertentu” atau kelompok lapangan kerja khusus, dalam melaksanakan kegiatan memerlukan ketrampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan rumit manusia, menggunakan keahliannya secara benar, penguasaan pengetahuan yang luas tentang sifat manusia, kondisi masyarakat, serta memiliki disiplin etika pada profesi tersebut....”

n Ciri-ciri seorang profesional adalah :

Memiliki pengetahuan yang tinggi di bidang profesinya

Memiliki ketrampilan yang tinggi di bidang profesinya

Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi

Tanggap thd masalah client, faham thd isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya

Mampu melakukan pendekatan multidispliner

Mampu bekerja sama

Bekerja dibawah disiplin etika

Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat

n Posisi dalam Dunia I T

System Analyst

Analyst Programmer

ERP (enterprise resource planning) Consultant

Systems Programmer/ Software Engineer

Web Designer

Systems Engineer

Tester

Database Administrator

Manager

IT Manager

Project Manager

Account Manager

Helpdesk Analyst

IT Executive

IT Administrator

Network Administrator

Security Network Analyst

Database Administrator

Network Support Engineer

Business Development

Manager

IT Manager

Project Manager

Analyst Programmer

Ø Merancang, membuat ‘code’ (program) dan menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi sistem

Ø Web Designer

Ø Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut

Systems Programmer/ Software Engineer

Ø Terbiasa dengan pengembangan software ‘life cycles’ .

Ø Memiliki ketrampilan dalam men-desain aplikasi

Ø menyiapkan program menurut spesifikasi

Ø dokumentasi /’coding’

Ø pengujian.

I T Executive

Ø Memelihara kecukupan, standard & kesiapan systems/infrastructure untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif & efisien.

Ø Menerapkan prosedur IT & proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum

IT Administrator

Ø Menyediakan implementasi & administrasi yang meliputi Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan koneksi dial-up, firewall, Proxy serta pendukung teknisnya.

Ø Network Administrator

Ø Mengurusi & mengoperasi jaringan LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya

Database Administrator

Ø Bertanggung jawab Untuk administrasi & pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.

Systems Engineer

Ø Menyediakan rancangan sistem & konsultasi terhadap pelanggan.

Ø Memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya.

Ø Termasuk melakukan pelatihan teknis ke pelanggan & IT administrator.

Network Support Engineer

Ø Melaksanakan komunikasi & analisa sistem networking

Ø Mendisain perencanaan untuk integrasi. Mendukung jaringan pada internet, intranet & extranet.

Ø Menganalisa & ikut ambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan & implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN & WAN

Helpdesk Analyst

Ø Me-’remote’ permasalahan troubleshoot melalui email/telephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi.

Ø Perencanaan, mengkoordinir & mendukung proses bisnis, sistem & end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

ERP Consultant

Ø Memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP.

Ø Harus mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses.

Account Manager

Ø Bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan suatu solusi dan/atau produk serta target pendapatan.

Business Development Manager

Ø Secara umum mengetahui kebutuhan akan pelanggan. Memiliki ketajaman yang diperlukan dalam menopang & menguntungkan bisnis.

Ø Mempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap & berkomunikasi jelas ttg bisnis kompleks serta konsep teknologi.

I T Manager

Ø Mengatur kelancaran dari sistem IT.

Ø Troubleshooting & membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.

Ø Sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.

Project Manager

Ø Perencanaan, memberi arahan & melaksanakan aktivitas manajemen proyek untuk suatu divisi/ area.

Ø Memonitor progress terhadap jadwal & anggaran proyek.

Ø Bisa juga mengalokasikan atau membantu mengalokasi sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan

n Referensi

o Hari Soetanto, Information Technology, Jakarta, Desember 2006

o Bagio Budiardjo, Komputer dan Masyarakat,

o Elex Media Komputindo, 1991

No comments:

Post a Comment

TV

Photobucket